Tuesday, January 23, 2007

Balada Sariawan dan Kecutnya Jus Jeruk

OrjusBeda budaya memang suka bikin shock. Alkisah, waktu itu saya bertamu ke rumah seorang teman yang cukup baru saya kenal. Dia orang Arab (Arab asli, dia ga bisa bahasa indo). Waktu itu para tamu disuguhi jus jeruk (yg konon agak-agak sepet dan dingin). Wah, lagi sariawan nih, jadi minumnya sedikit-sedikit. Dan kebetulan saya juga kurang suka sama jus jeruk yang seringkali lebih banyak sepetnya daripada manisnya (hehe.. maaf nih para penggemar jus jeruk).

Dislike1 Sekitar 20-30 menit kemudian, tau-taunya gelasnya mau dibalikin ke dapur sama orangnya, akhirnya saya disuruh ngabisin sama dia dengan "sedikit pemaksaan". Kaget juga, baru kali ini bertamu disuruh kembaliin gelasnya. Akhirnya dengan sedikit "tersiksa" (karena sepet plus sariawan sekaligus malu karena saya disangka gengsi ngabisin jus jeruknya), saya pun menenggak habis jus jeruk tersebut. Perasaan saya ga enak juga, agak kesal dipaksa campur malu pula karena "dipaksa" di depan tamu yang lain. Saya cuma bisa senyum-senyum kesal dan malu setelah itu.

Alhamdulillah, acara bertamu udah hampir selesai, saya pun coba untuk happy-happy aja, tetap tersenyum. Sedikit saya candai teman tamu yang lain, jadi saya agak happy (hehehe...). Sampai akhir, kenalan lebih jauh dengan tamu yang lain, akhirnya suntuk yg saya bawa waktu datang pun menghilang, alhamdulillah. Akhirnya saya berhasil bilang pada hati saya, mungkin beginilah karakter orang Arab; pantang ditolak kemurahan hatinya.

"Termasuk sifat angkuh adalah seseorang yang masuk ke dalam rumah temannya, lalu disuguhkan kepadanya makanan, ia tidak mau memakannya..."

(HR. Ad Dailami)

Ya Allah, bukan maksud hamba mau sombong :(, cuma malu dan kebetulan kurang suka aja. Tapi alhamdulillah semua itu ada hikmahnya, mudah-mudahan ukhuwah kami semakin kental, minimal saya bisa lebih memahami karakter saudara yg lain.

"Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

(QS. Al Hujurat: 13)

Astaghfirullah....

= = = = = = = = = = = = = = = =

~pic from flickr & xanga~

No comments: